RESENSI: PENGANTIN PENGGANTI BY ASTRID ZENG

PENGANTIN PENGGANTI

Judul Buku: Pengantin Pengganti

Penulis: Astrid Zeng

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Terbit: 22 Februari 2016

Harga: Rp 63.000

Tebal: 264 halaman

Ukuran: 13,5 x 20cm

Cover: Softcover

ISBN: 978-602-03-2583-5

Available at: bukupedia.com

Nico, dokter muda dari keluarga dokter terkenal yang dijodohkan dengan Beatrice, mengatakan rencananya yang hanya akan menikahi Beatrice selama setahun. Nico yakin bahwa tunangannya, yang pergi dua bulan menjelang pernikahan mereka, akan kembali. Jadi, ia hanya memerlukan wanita yang mau menjadi istri pengganti untuk membuat keluarganya tidak malu dan menekannya terus-menerus untuk melupakan tunangannya.

Di sisi lain, Beatrice sudah gerah dengan sikap orang tuanya yang terlalu protektif kepada dirinya maupun kedua adik perempuannya. Ia memutuskan bahwa setahun bersama Nico berarti membuka pintu kebebasan dari kekangan orangtuanya.

Tanpa berpikir panjang, Beatrice menyetujui tawaran Nico. Ia tidak pernah membayangkan, menjadi pengantin pengganti bagi Nico malah membuatnya tertarik kepada suaminya. Apa yang harus Beatrice lakukan? Haruskah ia memanfaatkan waktu selama setahun ini untuk berusaha merebut hati suaminya? Akankah Benita, tunangan Nico, benar akan kembali sesuai keyakinan Nico?

***

Bagaimanapun di zaman modern seperti ini perjodohan bukan hal yang lumrah lagi. (hal 27)

Penggantin pengganti merupakan kisah dari seorang Beatrice yang merasa bahwa hidupnya terlalu dikekang oleh kedua orangtuanya karena insiden penculikan yang pernah terjadi kepada dirinya dan kedua adiknya. Selain itu menceritakan kisah awal mula Beatrice menjadi seorang ‘penggantin pengganti’ untuk Nico. Bagi Beatrice, menjadi pengganti pengganti untuk Nico itu berarti ia dapat terlepas dari kekangan kedua orangtuanya. Sedangkan bagi Nico, sosok Beatrice hanya merupakan pengantin pennganti untuk dirinya yang saat ini sedang menanti kembalinya tunangan yang akan dinikahinya sebelum sang tunangan menghilang dua bulan sebelum pernikahan itu pernah terjadi. Sampai pada akhirnya Beatrice dan Nico setuju untuk menerima satu sama lain karena hal ini dapat menguntungkan kedua belah pihak.

Tidakkah kamu pikir pertemuan kita siang ini adalah takdir? –Nico (Hal 27)

Semenjak Beatrice dan Nico memulai kehidupan mereka sebagai seorang penganti banyak hal yang mereka lalui. Dimulai dari kejadian tak terduga yang dilakukan oleh Nico ketika mereka melewatkan honeymoon mereka di Bali, kecelakaan yang dialami oleh Beatrice, hingga peliknya kehidupan rumah tangga mereka ketika tunangan Nico yang dipercayainya akan kembali akhirnya muncul kembali dan berada ditengah-tengah hubungan Beatrice dan Nico.

Namun siapa sangka, hubungan yang mulanya dibangun hanya untuk keuntungan masing-masing pihak kini mulai berubah ketika Beatrice melibatkan hatinya. Beatrice yang mulai menyukai Nico sebagai suaminya khawatir ketika Benita –tunangan Nico- kembali, rumah tangga yang dijanjikan hanya berumur satu tahun itu akan benar-benar berakhir. Lalu bagaimana perjuangan yang Beatrice lakukan untuk mempertahankan rumah tangganya ketika Benita kembali? Sedangkan siapa yang pada akhirnya akan Nico pilih, Beatrice atau Benita?

Masih lima bulan tersisa. Apakah aku harus menunggu selama itu atau mengakhirinya sekarang? –Beatrice (hal 187)

***

Ini adalah pertama kalinya saya mencoba untuk membaca novel Amore terbitan GPU, dan yang menjadi pilihan saya adalah novel karya Astrid Zeng ini. Penggantin Pengganti. Bermula dari membaca sinopsis yang ada dibelakang buku, saya berpikir bahwa kisah perjodohan ini adalah kisah biasa yang sering terjadi dan kita temukan. Justru hal inilah yang membuat saya tertarik untuk membacanya. Pihak keluarga kaya yang ingin memiliki menantu yang dianggap sepadan. Astrid Zeng mengemasnya dengan baik kisah itu dalam novel ini. Hubungan antar keluarga, kepercayaan, kekhawatiran dan kisah cinta yang disusun apik dari lembar pertama hingga lembar terakhirnya.

Saya sangat puas membaca novel ini. Tidak hanya menemukan kisah yang biasa saja, tapi saya dibawa masuk kedalam dunia Beatrice yang menurut saya sangat berwarna. Beatrice yang pemberani, Beatrice yang manja, Beatrice yang dewasa dan berbagai macam karakter Beatrice lainnya dapat ditemukan dalam buku ini.

Yang saya suka dari penulisan novel ini adalah penggambaran karakter dan setiap kejadian dimana pembaca seperti diajak untuk ikut berada di dalam kisah tersebut. Penggambaran karakter yang dilakukan penulis juga pas dengan apa yang ingin penulis ceritakan tentang sosok karakternya. Seperti sosok Nico yang seorang pendiam, penulis juga membuat bagian Nico memang terlihat sebagai Nico yang pendiam dan tidak banyak mengekspresikan dirinya. Akan tetapi yang sangat saya sayangkan adalah penulis terlalu berfokus kepada karakter Beatrice saja. Penulis tidak banyak membuat bagian cerita yang diambil dari karakter Nico. Jadi kita akan sangat susah menemukan bagaimana perasaan Nico yang sebenarnya kepada Beatrice. Kisah perpisahan dari Benita dan Nico juga tidak digambarkan dengan jelas, yang kita temukan hanya akhir kisah mereka tanpa mengetahui sedikit kisah dibalik cara mereka berpisah.

Tapi terlepas dari itu semua, saya sangat menyukai keseluruhan dari isi buku ini. tokoh-tokoh yang digambarkan sangat pas dan sesuai dengan keadaan yang ingin penulis sampaikan. Percakapan yang terlihat juga menggambarkan dengan jelas bagaimana karakter setiap tokoh dalam novel ini. Penggambaran tiap kondisi yang ditulis pun dapat saya rasakan keasliannya dan tidak sulit untuk diikuti. Saya memberikan 4 dari 5 bintang untuk novel ini.

Terakhir, saya ingin mengatakan bahwa penulis sukses sekali membuat karakter Nico dalam novel ini! Walaupun karakter Beatrice-lah yang lebih diceritakan, tapi karakter Nico tidak dibuat tenggelam begitu saja. Dan saya sukses menyukai karakter Nico yang misterius ini hehehe…

Aku mencintaimu. Dan aku berjanji akan selalu bersamamu. –Beatrice (hal 258)

 

Regrads,

Twins F

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s