RESENSI: SECOND HEART BY LUNA TORASHYNGU

12303969_10153706833813162_6958712250691893092_o

Judul: Second Heart

Penulis: Luna Torashyngu

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Terbit: Januari 2016

Tebal: 352 hlm

ISBN: 978 – 602 – 03 – 2331 – 2

***

Tiara mencoba melupakan peristiwa penculikan dirinya enam bulan yang lalu. Dia telah kembali bersekolah, tentu saja dengan pengawalan Andra alias Aster.

Tetapi para penculik Tiara yang sebagian masih buron belum berhenti. Dengan bantuan Neo Indonesia State (NIS) – organisasi separatis bertujuan menggulingkan pemerintah yang sah dan membentuk pemerintahan baru yang sesuai dengan ideologinya – mereka menyusun rencana baru.

Di sisi lain, perubahan pimpinan dan restrukturisasi di Jatayu ternyata membuat Andra merasa tidak nyaman. Ferdi yang selalu mendampinginya dalam tugas diberi tugas lain yang membuatnya harus berada di luar Bandung. Cempaka, pengganti Ferdi, ternyata tidak selalu punya pikiran yang sama dengan Andra. Belum lagi sikap Santi yang tiba-tiba memusuhi Andra karena menganggap Andra merebut anak baru yang sedang ditaksirnya, yang bernama Rafa.

Saat Andra sakit dan tidak bisa mengawal Tiara, NIS justru menyerbu masuk ke SMAN 132 dan menyandera seluruh murid, guru, serta karyawan sekolah. Tidak hanya menyandera Tiara, organisasi itu ternyata mempunyai tujuan lain yang lebih besar.

Mampukah Andra melindungi Tiara?

 ***

            Hidup Tiara, putri dari Bapak Presiden Hediyono sudah kembali berjalan normal setelah penculikan yang terjadi kepadanya 6 bulan yang lalu. Tapi siapa sangka, 6 bulan itu hanyalah tenggang waktu sebelum penculikan keduanya terjadi. Seakan memberi waktu bagi Tiara untuk rehat dan melupakan kejadian penculikannya yang lalu, para penculik Tiara yang sebagian masih buron kembali menyusun rencana.

Selama para penculik itu menyusun rencana, banyak hal juga yang terjadi di kehidupan Tiara dan Aster. Hubungan Tiara dan Rio yang sudah tidak berlanjut, ternyata bukan berarti kisah asmara Tiara berhenti. Revan, lelaki anggota MATA ini, sedikit masuk kedalam bagian Tiara akibat perjuangannya menyelamatkan Tiara ketika dirinya hendak diculik lagi. Selain itu, Rafa, murid cowok baru di kelas Tiara dan Aster juga menjadi bagian dalam kisah Tiara dan Aster. Rafa yang menarik perhatian Santi, tapi sayangnya Rafa lebih dekat kepada Aster yang dimana hal ini membuat Santi cemburu kepada Aster.

Lalu, bagaimana kelanjutan kisah Tiara dan Revan? Apakah hubungannya berakhir begitu saja seperti hubungannya dengan Rio? Bagaimana juga kisah persahabatan antara Santi. Nita, Tiara dan Aster? Dan yang lebih penting lagi, apakah kali ini Aster bisa menyelamatkan Tiara dari mereka yang ingin menculik Tiara lagi? Bagaimanakah kisah penyelamattan Tiara dari para penculik itu?

***

            Alasan saya mulai membaca buku ini adalah karena buku ini karangan dari salah satu penulis TeenLit favorit saya, yaitu Kak Luna. Setelah membaca buku seri pertamanya, yaitu First Girl, saya semakin penasaran menunggu buku keduanya yang akhirnya terbit di awal 2016 ini. Seperti halnya dengan novel karangannya, yaitu D’Angel dan Mawar Merah, dalam novel inipun terdapat unsur actionnya. Itulah hal yang saya sukai dari novel karangannya, karena saya sendiri adalah penggemar film action heheheh :p

Ketika saya membaca buku pertamanya, saya sangat menyukai momen antara Aster dan Kak Yama alias Ferdi. Dimana Kak Yama selalu membantu Aster dalam setiap permasalahannya menangani kemauan Tiara yang banyak itu. Tapi saya sempat sedih ketika tahu di buku kedua ini, momen antara mereka akan jauh lebih sedikit karena Ferdi yang dipindahtugaskan sehingga tidak bisa selalu bersama Aster. Tetapi hal itu terobati karena ternyata Kak Luna memunculkan kisah (yang menurut saya romantis) antara Tiara dan Revan. Kisah mereka bermula saat Revan ingin membantu Tiara menyelamattkan diri, karena Aster, yang seharusnya menjaga Tiara ini tidak masuk. Kalau kita membaca buku pertamanya, pasti tahu kan kenapa Aster harus menjaga Tiara? 😀 Selama menolong Tiara itulah rasa-rasa itu mulai tumbuh.

Selain terobati dengan munculnya kisah romantis yang baru, misteri demi misteri semakin banyak di buku kedua ini. misteri siapa MATA itu sebenarnya. Apakah mereka organisasi yang baik, atau seperti yang dikatakan Letkol Lily pada buku pertama? (ya, lagi-lagi kau harus membaca buku pertamanya dulu agar tidak asing).

Di akhir lembarpun, Kak Luna memberikan sedikit tentang kelanjutan kisahnya. Yaitu munculnya karakter dari novel Kak Luna sebelumnya, yaitu Rachel, karakternya di novel Mawar Merah. Bukan hanya Rachel, tetapi akan muncul juga karakter-karakter dalam novelnya yang lain. Siapa mereka? Penasaran? Ya, begitupun saya. sempat saya berpikir, apakah novel-novel ini sudah direncanakan Kak Luna untuk diterbitkan, dan kemudian menggabungkan karakternya di seri cerita Tiara dan Aster ini? Hmm saya semakin penasaran dengan buku ketiganya. Mari kita nantikan bersama kelanjutan kisah Tiara dan Aster ini.

(NOTE: Bagi kalian yang penasaran ingin membaca novel ini, disarankan untuk membaca buku seri pertamanya, yaitu First Girl terlebih dahulu. Selamat membaca! 🙂 )

Menurutku, 3.5 bintang untuk novel ini! ^^

Buku ini bisa didapatkan di bukupedia.com

 

Regrads,

Twins J

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s